Abstrak,Pendahuluan,Isi,Penutup dan Referensi Pembuatan Animasi

ABSTRAK

Citra Rizky Rahmedina, 12114444

PEMBUATAN ANIMASI TENTANG SITUASI DI JALAN RAYA DENGAN MICROSOFT POWERPOINT 2010

Tugas Pengantar Animasi & Desain Grafis# Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Universitas Gunadarma, 2017.

Kata Kunci : Animasi, Microsoft Powerpoint 2010

            Animasi ialah sejenis ilusi optic pergerakan disebabkan kejadian penerusan penglihatan dan boleh dihasilkan dan didemostrasikan dalam berbagai cara. Oleh karena itu, pembuatan animasi tentang situasi di jalan raya ini dengan menggunakan Microsoft Powerpoint 2010. Animasi ini menceritakan tentang situasi atau kondisi yang biasanya terjadi di jalan raya.


1.     PENDAHULUAN

Animasi adalah sebuah proses merekam dan memainkan kembali serangkaian gambar statis untuk mendapatkan sebuah ilusi pergerakan. Animasi juga sejenis ilusi optic pergerakan disebabkan kejadian penerusan penglihatan dan boleh dihasilkan dan didemostrasikan dalam berbagai cara. Berdasarkan arti harfiah, animasi adalah menghidupkan, yaitu usaha untuk menggerakkan sesuatu yang tidak bisa bergerak sendiri.
            Microsoft Powerpoint adalah program aplikasi bisnis yang berguna untuk membuat slide dan dokumen presentasi. Versi terbaru program ini adalah Microsoft Powerpoint 21010, yang dirilis pada tanggal 15 Juni 2010 sebagai bagian dari paket Microsoft Office 2010. Software Microsoft Powerpoint dibuat dan dikembangkan oleh Microsoft Corporation.
Perangkat lunak komputer ini memiliki kelebihan pada kemudahan dan kepraktisannya dalam menyusun slide presentasi. Bisa dikatakan, jika seseorang ingin membuat presentasi, maka yang terlintas di benaknya adalah menggunakan PowerPoint. Fitur animasi dan transisi yang tersedia cukup membantu tugas pembuat presentasi, demikian juga dengan fitur penyisipan materi multimedia seperti suara dan video. Cukup dengan beberapa klik, ketik, dan sisipkan, maka sajian presentasi dapat disusun secara cantik dan profesional. 
Program Microsoft PowerPoint banyak diaplikasikan dan digunakan oleh kalangan pengguna komputer di bidang pendidikan, bisnis dan perkantoran. Microsoft PowerPoint merupakan software komersial dengan harga lisensi $140 USD (atau $500 USD untuk paket Microsoft Office Professional 2010). Microsoft PowerPoint dapat dijalankan di sistem operasi Windows XP SP3, Windows Vista, Windows 7. Untuk menginstall versi terbaru program ini, komputer Windows Anda harus memiliki spesifikasi minimal menggunakan prosesor 500 megahertz MHz, memori (RAM) 256 MB, resolusi monitor 1024x768 piksel, dan harddisk dengan kapasitas kosong minimal 1,5 GB.

2.     ISI

Animasi sederhana yang bertemakan situasi di jalan raya ini dibuat dengan Microsoft Powerpoint versi terbaru yaitu versi 2010. Animasi ini tidak menggunakan background yang sudah jadi, melainkan background ini dibuat terlebih dahulu. Untuk objek-objek yang terdapat pada animasi ini, di download terlebih dahulu di Google. Objek-objek yang dimaksud adalah gambar pohon, mobil, sepeda motor, burung, orang lari, dan lampu lalu lintas. Untuk menampilkan gambar-gambar tersebut, pilih menu InsertàPicture dan pilih gambar-gambar yang sudah di download. Sedangkan untuk menambahkan suara pada animasi, pilih menu InsertàAudio.
Tab menu Animations berfungsi untuk perpindahan antar slide yang kita buat dengan posisi berjalan. Menu ini menyediakan pilihan - pilihan efek animasi. Pemilihan animasi juga perlu disesuaikan dengan jiwa isi presentasi atau berkaitan dengan tema isi presentasi. Fungsi Add Animations pada tab menu Animations adalah untuk menambahkan lagi efek animasi ke objek yang telah diberi efek animasi sebelumnya. Efek animasinya bisa ditambah lagi secara berulang – ulang, bisa saja suatu objek diberi animasi lebih dari 2 kali, tergantung kebutuhan penerapannya. Animation Pane berfungsi untuk menampilkan panel(jendela) penerapan efek animasi. Trigger adalah untuk menentukan objek yang telah diberi animasi yang mana yang tampil awal daripada objek – objek lainnya pada suatu slide.
Animation Timing berfungsi menentukan kapan mulai aktif / jalan animasi yang telah diterapkan pada objek. Menu ini tersedia pilihan “on click” yang artinya animasi mulai aktif setelah mouse diklik. Pilihan “With Previous” artinya animasi mulai aktif bersamaan / seiring dengan aktifnya animasi pada objek lain. Sedangkan pilihan “After Previous” arting animasi akan aktif setelah semua objek yang lain aktif. Animation Duration berfungsi menentukan lamanya proses aktif efek animasi yang diterapkan pada objek yang diseleksi. Animation Delay untuk menentukan jeda waktu sebelum suatu animasi diaktifkan. Animasi yang telah ditentukan durasinya ataupun belum, maka tetap akan ditampilkan setelah waktu delay yang ditentukan. 

                                                   3.     PENUTUP

Pembuatan animasi sederhana ini bisa menggunakan aplikasi lain, salah satunya dengan menggunakan Microsoft Powerpoint. Untuk membuat animasi dibutuhkan tema yang ingin dibuat, objek, dan audio guna mendukung pembuatan animasi tersebut. Pembuatan animasi tersebut dibutuhkan ketelitian dan kreatifitas agar animasi tersebut memuaskan.

                                                   4.     REFERENSI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

AUDIT SISTEM INFORMASI

Tugas dari EDP Operator Pada Profesi IT

CIRI-CIRI, UNSUR, dan TEORI ORGANISASI