JENIS-JENIS AUDIT

Jenis - Jenis Audit
1. Audit Internal
Audit Internal adalah suatu kegiatan menilai program apakah hasil yang dicapai telah sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan guna memenuhi kebutuhan pimpinan.

2. Audit Sistem Informasi
Audit Sistem Informasi adalah suatu proses mengumpulkan dan menilai bukti-bukti apakah sistem komputer dapat mengamankan aset dan memelihara integritas data. Biasanya dilakukan oleh Kantor Akuntan Publik(KAP) terhadap perusahaan yang umumnya menggunakan system Electronic Data Processing(EDP).

3. Audit Kecurangan(Fraud)
Audit Kecurangan(Fraud Auditting) adalah proses untuk memeriksa apakah suatu laporan keuangan telah terjadi kecurangan/fraud yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu. 

4. Audit Keuangan(Eksternal Audit)
Audit Keuangan adalah audit yang dilakukan oleh eksternal auditor maupun internal terhadap laporan keuangan suatu perusahaan apakah laporan keuangan sesuai dengan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan. Hasil dari audit tersebut diberikan kepada pihak luar perusahaan seperti kreditur, pemegang saham, dan kantor pelayanan pajak.

5. Audit Operasional
Audit Operasional adalah pemeriksaan terhadap operasi suatu perusahaan, termasuk kebijakan akuntansi dan operasional yang ditetapkan manajemen dengan tujuan untuk mengetahui apakah operasi telah dilakukan secara efektif, efisisen, dan ekonomis. 

6. Audit Ketaatan (Complience Audit)
Audit Ketaatan adalah pemeriksaan dengan tujuan mengetahui apakah perusahaan tersebut telah mentaati peraturan dan kebijakan yang berlaku, baik yang diberlakukan pihak intern perusahaan atau ekstern perusahaan.



REFERENSI :
https://ccaccounting.wordpress.com/2013/10/21/jenis-jenis-audit/




Komentar

Postingan populer dari blog ini

AUDIT SISTEM INFORMASI

Tugas dari EDP Operator Pada Profesi IT

CIRI-CIRI, UNSUR, dan TEORI ORGANISASI